Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Human Body Part VI

Otot

1. Otot berwarna merah, merupakan jaringan elastis dan berbentuk seperti gelondong benang-benang serabut yang di sebut daging, yang membungkus tulang dan membentuk bola mata, kelopak mata, lidah, jantung, paru-paru dan berbagai bagian tubuh lainnya.

2. Ada sekitar 450 otot dalam tubuhku.

3. Pekerjaan otot adalah untuk mendukung dan menggerakkan tulang-tulangku dan bagian-bagian tubuh berbeda lainnya.

4. Otot dapat dibedakan pada otot kepalaku, otot tubuhku dan otot anggota badanku.

5. Otot pada kepalaku membungkus dan menggerakkan bagian kepala dan wajahku. Otot tubuhku membungkus dan menggerakkan bagian leher dan tubuhku. Otot anggota gerak badanku membungkus dan menggerakkan bagian tangan dan kakiku.

6. Otot-ototku akan semakin lemah jika aku tidak menggunakannya; otot-otot akan menjadi sangat kuat ketika aku berolahraga, beraktivitas atau bermain.

7. Jadi, agar otot menjadi kuat dan sehat aku harus :
Menggerakkan otot-ototku,
Ototku harus beristirahat,
Ototku harus disertai dengan darah yang baik.

Otot pada manusia

Aku harus rajin beraktivitas dan bermain agar mereka menjadi kuat; aku harus tidur atau merubah jenis kegiatan atau bermain, harus membiarkan mereka beristirahat jika lelah; aku harus menghirup udara yang bersih, memakan makanan dan minuman yang sehat, berjemur di bawah cahaya matahari untuk memasok mereka dengan darah yang baik; aku tidak boleh melemahkan mereka dengan mengkonsumsi alkohol atau rokok dan narkoba.

Pembagian dan fungsi otot
Otot-otot dibagi menjadi dua kelas besar: otot yang dapat bergerak seperti yang kita kehendaki disebut otot sadar, dan otot yang kita tidak memiliki kuasa untuk menggerakkannya disebut otot tidak sadar/refleks.

Beberapa otot mendukung dan menggerakkan berbagai bagian tubuh, yang lain memiliki pekerjaan yang berbeda. Jantung, otot tak sadar yang besar, bertindak seperti mesin untuk mendorong darah ke seluruh tubuh; paru-paru menarik dan membuang udara pernapasan; lambung membantu untuk mencerna dan mengubah makanan menjadi darah; lidah digunakan dalam berbicara dan makan.

Apa itu otot?______"semacam daging dalam tubuh, jaringan dan rangkaian benang-benang berserabut yang di sebut daging yang menutupi tubuh."

Apa manfaat otot bagi tubuh?____"mereka membungkus tulang, mendukung dan menggerakkan tulang dan bagian tubuh lainnya."

Sebutkan beberapa nama bagian tubuh yang terbuat dari otot!____"bola mata, kelopak mata, lidah, jantung, paru-paru."

Apa warna otot?______"merah."

Bagaimana otot menggerakkan tulang?____"dengan cara memperpendek atau memperpanjang dirinya sendiri sesuai dengan tulang yang akan digerakkan."

Ceritakan bagaimana otot menggerakkan lengan pada siku!____"otot pada bagian depan lengan memperpendek dirinya dan menarik lenganku maju ke arah bahu; ketika aku ingin meregangkan ke depan lengan otot ini memanjang sedangkan sekumpulan otot memendek untuk menarik lenganku ke depan menjauh dari lengan atas."

Apa yang bisa dikatakan tentang otot yang memiliki kemampuan untuk memendek dan memanjangkan dirinya sendiri?______"mereka bersifat elastis."

Ada berapakah otot yang ada pada seluruh tubuh?____"sekitar 450."

Bagaimana cara kita membagi ketika mempelajarinya?____"mereka dapat dibagi menjadi otot-otot kepala, otot tubuh dan otot anggota tubuhku."

Apa fungsi otot pada bagian kepala?____"mereka membungkus dan menggerakkan bagian-bagian kepala dan wajahku."

Apa fungsi otot tubuh?____"mereka menggerakkan bagian leher dan tubuh."

Apa fungsi otot anggota badan?____"menggerakkan bagian tangan dan kakiku."

Bagimana caranya membuat otot menjadi kuat?____"dengan menggunakan mereka."

Bagaimana caranya membuat otot menjadi lemah?____"dengan tidak menggunakan mereka."

Apa yang diperlukan untuk membuat otot menjadi kuat dan sehat?____"mereka harus digunakan, harus beristirahat saat lelah, harus diberikan dengan darah bersih."

Bagaimana seharusnya otot-otot digunakan?____"mereka harus digunakan dalam beraktivitas atau bermain."

Bagaimana cara agar mereka bisa beristirahat?____"aku dapat mengistirahatkannya dengan mengubah posisi, dengan cara merubah jenis aktivitas atau bermain atau dengan pergi tidur."

Jelaskan apa yang dimaksud dengan merubah posisi?______"Jika aku berdiri, aku harus duduk atau berbaring agar mereka beristirahat, jika mereka lelah karena aku terlalu lama duduk, aku mengistirahatkan mereka dengan berdiri, berjalan atau berlari."

Apa yang dimaksud dengan merubah jenis aktivitas atau bermain?_____"Jika dalam beraktivitas atau bermain lenganku menjadi lelah, aku harus melakukan sesuatu yang memungkinkan mereka dapat beristirahat meskipun bagian lain tubuhku mungkin dalam kondisi bergerak."

Bagaimana cara membantu tubuh dengan memasok darah yang baik?____"dengan menghirup udara bersih, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan dengan berjemur di bawah cahaya matahari."

Bagaimana mengkonsumsi minuman keras beralkohol dapat merusak otot?____"akan membuat otot lemah dan tidak mampu untuk menggerakkan bagian tubuh."

Otot menakjubkan apakah yang mampu bergerak tanpa diperintah?____"otot jantung."

Bagaimana alkohol merusak jantung?____"dengan membuatnya berdetak sangat cepat."

Bagaimana "berdetak dengan sangat cepat" dapat merusak jantung?_____"hal itu akan membuatnya lelah dan kadang akan berhenti bekerja."

Selamat....!!! Anda telah sampai pada setengah perjalanan kita.....jangan bosan dan males baca yach....lanjut lagi yuukk >>>> Human Body Part VII

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)