Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Human Body Part VII

Kulit

1. Kulitku membungkus seluruh tubuhku.

2. Kulit itu tipis, elastis, fleksibel, berpori dan penyerap.

3. Aku memiliki dua bagian kulit, kulit bagian dalam adalah kulit yang sebenarnya atau biasa dikenal sebagai kulit jangat.

4. Kulit bagian dalam elastis dan kaya jaringan pembuluh darah dan saraf. Kulit ini ditutupi dengan zat seperti jeli yang memberi warna pada kulitku.

5. Kulit luarku memiliki ketebalan yang berbeda pada seluruh tubuhku. Pada beberapa bagian seperti pada telapak tangan dan telapak kakiku, kulitnya sangat tebal dan keras.

6. Jika kulit luarku hancur, mereka akan tumbuh kembali, jika zat seperti jeli dihancurkan, mereka akan muncul kembali tetapi jika kulit bagian dalamku hancur, mereka tidak akan pernah kembali seperti semula.

7. Lebih dari setengah zat racun/limbah dikeluarkan melaluinya lewat pori-pori kulit dalam bentuk keringat.

8. Bagaimana agar aku dapat memiliki kulit yang sehat :
Aku harus lancar mengeluarkan keringat sepanjang waktu,
Aku harus menjaga kebersihan tubuhku,
Aku harus memakai pakaian yang bersih,
Aku harus menghirup udara yang bersih,
dan berjemur di bawah sinar matahari.

Arahan untuk mandi.
Mandikanlah seluruh tubuh setidaknya dua kali setiap minggu. Jangan mandi ketika lelah atau setelah makan makanan hangat. Setelah mandi gosok tubuh dengan baik dengan handuk kasar.


Apa fungsi kulit?____"untuk membungkus otot dalam tubuh."

Apa yang bisa diceritakan tentang kulit?____"bersifat fleksibel, elastis, berpori dan penyerap."

Mengapa bisa katakan bahwa kulit itu fleksibel?____"karena mudah digerakkan."

Mengapa dikatakan kulit itu berpori?____"karena dipenuhi oleh lubang-lubang kecil atau pori-pori."

Mengapa dikatakan kulit itu elastis?____"Karena kulit akan kembali seperti semula setelah ditarik, diputar, atau dipelintir ."

Mengapa dikatakan kulit itu penyerap?____"karena dapat menyerap cairan."

Berapa banyak bagian kulit yang kita miliki?____"2, kulit luar dan kulit bagian dalam."

Yang mana yang disebut kulit jangat atau sebenarnya?____"kulit bagian dalam."

Terdiri atas apakah kulit bagian dalam?____"pembuluh darah dan saraf."

Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa kulit bagian luar tidak memiliki pembuluh darah?____"Karena jika aku menusukkan jarum pada kulit luar, darah tidak mengalir keluar karena darah akan keluar jika aku telah melukai pembuluh darah."

Bagaimana kita tahu bahwa kulit luar tidak memiliki saraf?____"Karena jika aku menusukkan jarum pada kulit luarku, aku tidak merasakan sakit karena seharusnya aku akan merasakan sakit jika telah menyentuh saraf."

Apa yang memberi warna pada kulit?____"sebuah zat seperti jeli yang berada antara kulit bagian dalam dan kulit luar."

Apa yang dapat kita pelajari tentang kulit jangat?_____"bahwa orang dari beberapa bangsa memiliki warna kulit yang sama."

Apa perbedaan yang ada pada ketebalan kulit luar?___”Kulit luarku memiliki ketebalan yang berbeda pada seluruh tubuhku. Pada beberapa bagian seperti pada telapak tangan dan telapak kakiku sangat tebal dan keras.”

Apa yang melewati pori-pori kulit?____”Lebih dari setengah zat racun/limbah dikeluarkan melaluinya.”

Disebut apakah limbah yang dikeluarkan ke permukaan kulit?____"Keringat."

Kapan keringat mengalir melalui pori-pori kulit?____”Sepanjang waktu, jika kulit sehat."

Mengapa kita tidak selalu melihat keringat yang melewati pori-pori?____"Karena tidak selalu membentuk tetesan pada permukaan kulit, kadang keluar dalam bentuk partikel yang sangat halus."

Apa yang terjadi pada partikel halus tersebut atau tetesan keringat yang keluar dari tubuh?____"Beberapa bagian diserap oleh pakaian, beberapa menguap dan bercampur dengan udara di sekitar kita."

Apa efek yang dihasilkan oleh keringat di udara dan pakaian?_____"Segera membuat udara tidak layak untuk dihirup, dan pakaian tidak layak untuk dikenakan."

Apa yang diperlukan jika kita ingin memiliki kulit yang sehat?____”Aku harus lancar mengeluarkan keringat sepanjang waktu, harus menjaga kebersihan tubuhku, harus memakai pakaian yang bersih, harus menghirup udara yang bersih, dan berjemur di bawah sinar matahari."

Mengapa kita harus memakai pakaian yang bersih?___"Jika ada sesuatu yang kotor dalam pakaian, akan masuk dan diserap oleh pori-pori kulit.”

Mengapa kita harus menghirup udara bersih?____"Karena udara bersih membersihkan darah, dan darah bersih diperlukan untuk membentuk kulit yang sehat."

Bagaimana minum minuman keras beralkohol membahayakan kulit?_____"Karena dapat membuat darah menjadi kotor, dan darah kotor membuat kulit tidak sehat."

Dengan cara bagaimana minum minuman keras ini membahayakan kulit?____"membuat kulit melakukan terlalu banyak pekerjaan."

Bagaimana hal itu dapat menjadikan kulit melakukan banyak pekerjaan?____”Alkohol menghasilkan limbah yang lebih banyak untuk dikeluarkan oleh pori-pori kulit dalam bentuk keringat."

Dengan cara apa lagi alkohol dapat membahayakan kulit?____"membuat kulit berwarna buruk."

Bagaimana caranya alkohol dapat membuat kulit berwarna buruk?_____"alkohol dapat melebarkan beberapa pembuluh darah kecil pada kulit dan memenuhinya dengan terlalu banyak darah.

Artikel selanjutnya Human Body Part VIII.

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)