Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Human Body Part VIII

Jantung dan Peredaran Darah

1. Jantungku berbentuk seperti sebuah kerucut dan berada di dalam dada dekat tulang dadaku, dengan puncak ujungnya mengarah ke bawah ke samping kiri tubuhku. Dia berdetak 70 kali tiap menit, memompa sekitar 2 liter darah pada setiap detaknya.

2. Darah yang bersih berwarna merah terang, merupakan cairan yang terbentuk dari makanan dan minuman.

3. Darah mengalir dari jantungku ke seluruh bagian tubuhku melalui saluran atau pembuluh yang disebut arteri, arteri ini menyebar ke seluruh tubuh seperti cabang-cabang pada sebuah pohon.

4. Darah yang keluar dari jantung melalui arteri memberikan nutrisi ke setiap bagian tubuh dan membawa pergi kotoran yang ditemuinya, sehingga membuatnya berwarna hitam dan kental, ketika darah datang melalui pembuluh darah kembali ke jantung, darah itu tidak cocok untuk digunakan sehingga dia dibawa pergi ke paru-paru untuk dibersihkan oleh udara segar; kemudian dibawa lagi ke jantung untuk dikirim lagi ke seluruh tubuh, hal ini berlangsung terus-menerus selama 3-8 menit yang disebut sirkulasi darah.

5. Jika aku ingin menjadi sehat, darahku harus bersih dan beredar secara bebas sepanjang waktu.

6. Darah tidak akan beredar secara bebas jika :
Aku memakai pakain ketat,
Aku tidak berolahraga, beraktivitas atau bermain,
Aku tidak menjaga tubuhku tetap hangat.

7. Darah akan menjadi kotor jika ;
Aku menghirup udara kotor,
Aku makan makanan yang tidak sehat,
Aku minum minuman keras beralkohol,
Aku menghirup tembakau, merokok atau mengunyah tembakau dan memakai narkoba.

Cara mengobati sebuah luka
Jika luka itu hanya sayatan atau sedikit tergores, cuci dengan air dingin dan perban dengan kain putih yang bersih. Ujung luka yang luar harus ditarik untuk disatukan atau ditutupkan pada tempatnya yang robek dengan merekatkan plester perekat dan mengikat luka pada kedua sisi-sisinya.
Jika sayatan cukup dalam, dan darah mengalir sangat deras, panggillah seorang dokter. Sementara kalian menunggunya, ikatlah dengan sapu tangan atau selendang atau handuk pada bagian tengah dan ikat dengan sangat erat disekitar daerah arteri di atas luka. Jika pembuluh darah telah terputus, ikat sapu tangan pada bagian bawah luka. Jika darah terus mengalir, ikat perban baik pada bagian atas maupun bagian bawah tempat yang terluka.

Anatomi jantung

Peredaran darah dalam jantung

Bagaimanakah bentuk jantung?____"Jantungku berbentuk seperti kerucut."

Dimana tempatnya?___"Di dalam dada, melintang ke arah sisi kiri tubuhku."

Tulang apa yang ada di dekatnya?____"Tulang dadaku."

Apa fungsi jantung?____"Memompa dan mengirimkan darah ke seluruh bagian tubuh."

Berapa banyak darah yang dipompa ke luar dari jantung setiap denyutnya?_____"sekitar 2 liter."

Apa darah itu?___"sebuah cairan yang terbentuk dari makanan dan minuman."

Apa warna darah?____"Merah terang ketika murni; merah gelap ketika kotor."

Bagaimana jantung mengirim darah ke seluruh tubuh?____"Melalui saluran/pembuluh yang di sebut arteri."

Menyerupai apakah arteri itu?____"cabang-cabang pohon."

Apa yang membuat darah tidak murni?____"Ketika darah beredar, darah memberikan nutrisi ke setiap bagian tubuh dan ini membuatnya lemah. Darah juga membawa benda-benda asing atau partikel tua yang usang sehingga membuatnya tercemar."

Ke mana arteri membawa darah kotor?____"Ke pembuluh darah vena."

Ke mana pembuluh darah vena membawa darah kotor?___"Jantung."

Ke mana jantung membawa darah kotor?____"paru-paru."

Apa yang terjadi pada darah kotor di paru-paru?____"Untuk dibersihkan."

Ke mana jantung membawa darah murni?____"ke seluruh tubuh."

Di sebut apakah perjalanan darah dari dan ke jantung itu?____"Sirkulasi darah."

Apa itu peredaran darah?____"sirkulasi darah yang dimulai dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung."

Berapa lama peredaran darah ini berlangsung?____"sekitar 3-8 menit sesuai dengan detak jantung lambat atau cepat."

Apa jenis darah yang dibutuhkan untuk kesehatan?____"darah murni."

Bagaimana seharusnya darah beredar?____"bebas, sepanjang waktu."

Apa yang dimaksud dengan bebas?____"tanpa ada sesuatu yang menghalangi."

Apa yang diperlukan agar sirkulasi darah berjalan bebas?____"Aku harus memakai pakaian yang bersih, rajin berolahraga, beraktivitas atau bermain, aku harus membuat tubuhku tetap hangat."

Bagaimana pakaian yang ketat dapat menghambat sirkulasi darah secara bebas?____"Dengan menekan pembuluh arteri dan vena pada pinggang, menyebabkan tulang rusuk dan bagian tubuh yang lain menekan pada jantung."

Bagaimana olahraga membantu sirkulasi udara secara bebas?____"Olahraga membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga menyebabkan darah lebih cepat melalui arteri dan vena."

Mengapa menjaga tubuh agar tetap hangat membantu peredaran darah?____"Karena darah bergerak lebih cepat ketika hangat, ketika dingin darah membeku dan membuatnya bergerak lambat."

Apa bahaya meminum minuman keras beralkohol bagi jantung?____"Mereka membuat jantung kelelahan dan kadang kala berhenti bekerja."

Dengan cara bagaimana mereka membuat jantung menjadi kelelahan?____"Mereka membuat jantung berdetak terlalu cepat."

Mengapa mereka membuat jantung berdetak terlalu cepat?___"Karena jantung bergegas untuk mendorong alkohol keluar dari tubuh."

Dengan cara bagaimana minuman keras beralkohol merusak jantung?___"Mereka menghasilkan penyakit di dalam jantung."

Beritahukan salah satu cara bagaimana jantung bisa dirusak melalui minuman keras beralkohol!___"Alkohol mengikis serat-serat otot jantung dan mengisinya dengan lemak."

Apa bahayanya hal itu bagi jantung?____"Jantung akan sangat lemah dalam menjalankan tugasnya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh."

Apa yang kadang kala dapat terjadi jika jantung begitu lemah?____"Jantung akan berhenti berdetak sehingga menyebabkan kematian yang mendadak."

Apa bahayanya alkohol bagi darah?____"akan menyerap air dari darah sehingga menghancurkan bagian-bagian dalam sel darah merah sehingga membuat darah menjadi encer, kotor dan tidak mampu melakukan tugasnya."

Makin seruu yach...baca juga >>> Human Body Part IX

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)