Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Human Body Part IX

Paru-paru dan Pernapasan

1. Paru-paruku adalah alat untuk bernapas atau menghirup udara dari tubuhku.

2. Mereka terdiri dari substansi organ yang lembut, penuh dengan rongga-ronga udara kecil dan saluran-saluran. Mereka berpori dan kenyal ketika sehat namun dalam kondisi berpenyakit bentuknya menjadi sangat padat di mana udara tidak bisa lewat.

3. Aku bernapas dengan mengambil udara melalui batang tenggorokanku berjalan sepanjang salurannya masuk ke dalam sel paru-paruku, mengumpulkan mereka dan menyebabkan dadaku menjadi lebar, kemudian dada menguncup dan udara kotor dari paru-paruku ditekan keluar melalui saluran yang sama, tenggorokan, hidung, dan mulut lalu keluar ke udara.

4. Aku tidak bisa hidup tanpa bernapas, karena jika udara tidak turun ke paru-paruku, darah kotor di dalamnya tidak akan berubah menjadi darah merah bersih dan membawa kembali darah kotor ke tubuhku sehingga tidak mampu menjagaku tetap hidup.

5. Jika aku ingin memiliki paru-paru yang sehat :
Aku harus menghirup udara bersih,
Aku harus beraktivitas dibawah sinar matahari,
Aku harus menjaga kebersihan tubuhku,
Aku harus memakai pakaian yang longgar,
Aku harus memakai pakaian yang bersih,
Aku harus duduk dan berdiri dengan tegak,
Aku harus menjaga seluruh bagian tubuhku tetap hangat,
Aku tidak boleh mengganti pakaian musim dinginku terlalu awal di musim semi,
Aku harus menghindari terpaan udara dingin,
Aku tidak boleh terburu-buru mendinginkan tubuh ketika sedang berkeringat,
Aku tidak boleh meracuni paru-paruku dengan alkohol atau tembakau atau narkoba.

Udara dan paru-paru

Udara yang masuk melalui hidung dan mulut akan masuk ke dalam sebuah saluran berotot dan tulang rawan yang berbentuk seperti cincin. Pada bagian atas saluran ini terdapat pita suara atau laring, dibungkus oleh sebuah tutup yang berbentuk sendok yang menutup ketika kita menelan, pada bagian bawah adalah trakea atau tenggorokan yang membentuk dua saluran. Trakea terbagi menjadi 2 cabang saluran bronkus, satu untuk masing-masing paru-paru. Saluran ini terbagi lagi seperti cabang-cabang pohon dan berakhir pada kantung yang sangat kecil. Udara berada dalam kantong ini atau gelembung udara, memberikan oksigen ke dalam darah di dalam saluran pembuluh darah kecil paru-paru dan mengambil racun yang dibawa oleh darah, karbon dioksida, air dan kotoran yang kemudian membawanya kembali melalui tenggorokan keluar ke udara bebas.

Sistem pernapasan

Volume paru-paru ketika otot pernapasan bekerja
A. Ketika menghirup udara
B. Ketika menghembuskan udara

Terdiri dari apakah paru-paru itu?____"Dari substansi organ lembut, penuh dengan kantong-kantong udara kecil dan saluran."

Apa fungsi paru-paru?_____"Sebagai alat pernapasan."

Bagaimana bentuk paru-paru ketika sehat?___"berpori dan kenyal."

Bagaimana udara masuk ke dalam paru-paru?___"Udara mengalir melalui hidung dan mulut, masuk ke tenggorkan dan sepanjang saluran udara lalu masuk ke dalam kantong-kantong udara di paru-paru."

Apa yang terjadi pada udara di paru-paru?____"Udara memenuhi paru-paru dan menyebabkan dada mengembang."

Apa yang dimaksud dengan mengembang?_____"meningkatkan volumenya."

Bagaimana udara dikeluarkan dari paru-paru?____"dada menguncup dan membawa udara kotor melalui saluran dan tenggorokan, hidung dan mulut lalu keluar ke atmosfer."

Apa yang dimaksud dengan menguncup?____"menjadi lebih kecil."

Apa yang dimaksud dengan atmosfer?____"Udara bebas."

Apa fungsi udara di dalam paru-paru?____"Untuk menghasilkan darah bersih/murni."

Mengapa kita tidak bisa hidup tanpa bernapas?____"Karena jika aku tidak bernapas, udara bersih tidak bisa masuk ke dalam paru-paru untuk merubah darah kotor menjadi darah bersih dan aku tidak bisa hidup jika darah kotor yang pekat itu dikirim kembali lagi ke seluruh hidupku."

Mengapa kita harus berjemur dibawah sinar matahari?___"Karena sinar matahari membantu memurnikan darah dan memperkuat tubuh."

Mengapa kita harus mengenakan pakaian longgar?___"Karena pakaian yang ketat dapat menghambat sirkulasi darah."

Mengapa kita harus menghindari korset?____"Karena korset mendesak tulang rusuk ke dalam paru-paru, sehingga paru-paru tidak bisa bergerak bebas."

Mengapa kita harus mengenakan pakaian bersih?___"Karena sesuatu yang tidak bersih/kotoran dapat masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit."

Mengapa kita harus menjaga tubuh tetap bersih?____"Karena pori-pori kulitku tanpa penutup tapi tetap terbuka untuk membiarkan keringat keluar melewatinya."

Apa hubungannya menjaga kebersihan tubuh dengan kesehatan paru-paru?___"Jika tubuh tidak terjaga kebersihannya, pori-pori pengeluaran keringat menjadi tersumbat."

Apa yang tejadi jika pori-pori pengeluaran keringat tersumbat?____"partikel-partikel kotor yang seharusnya dikeluarkan melalui mereka akan mengendap di dalam tubuh dan bisa menyebabkan penyakit pada paru-paru atau bagian tubuh lainnya."

Mengapa kita harus duduk dan berdiri dengan tegak?___"Karena jika aku memiliki kebiasaan membungkuk, paru-paruku akan terdesak dan tidak memiliki cukup ruang untuk bergerak bebas."

Mengapa kita harus menjaga agar tubuh tetap hangat?___"Karena setiap bagian tubuh yang membeku kedinginan menyebabkan darah pada tubuh akan membeku sehingga dengan demikian akan menghambat peredarannya."

Mengapa kita tidak boleh mengganti pakaian musim dingin kita lebih awal pada musim semi tiap tahun?___"Karena aku akan mengalami kedinginan jika tidak berpakaian hangat selama hari-hari dingin di awal musim semi."

Mengapa kita harus menghindari terpaan udara dingin?____"Karena udara dingin menyerang pada permukaan beberapa bagian tubuh dan menutup pori-pori kulit, mencegah keluarnya keringat dan menghambat peredaran darah."

Mengapa kita tidak boleh terburu-buru berpindah dari tempat yang hangat ke tempat yang dingin?____"Karena ketika hangat, pori-pori kulit terbuka, jika aku terburu-buru berpindah ke tempat yang dingin, pori-pori akan dipaksa tertutup terlalu cepat."

Mengapa menghentikan keringat sedikit banyak akan membahayakan paru-paru?___"Karena kotoran yang seharusnya dibawa keluar masih tetap di dalam tubuh, menghasikan darah kotor dan menghasilkan penyakit pada beberapa bagian tubuh yang lain, dan lebih seringnya bagian yang sakit adalah paru-paru."

Apa bahaya alkohol pada paru-paru?____"Alkohol akan mengisi paru-paru dengan darah kotor."

Apa bahaya hal itu bagi kantong-kantong udara?___"akan mengeraskan dinding kantong udara pada paru-paru."

Apa bahayanya jika kantong udara ini mengeras?____"1. Paru-paru tidak dapat mengambil dengan cukup oksigen untuk memurnikan darah dengan sempurna, 2. Gas atau uap di dalam paru-paru tidak dapat bergerak bebas melewati kantong udara yang mengeras."

Apa yang kemudian terjadi dari hal ini?____"Paru-paru menjadi sakit."

Dari penyakit jenis apakah yang diderita oleh para peminum berat?____"konsumsi alkohol yang tidak ada obatnya."

Penyakit peminum berat memang gak ada obatnya....obatnya hanya satu yaitu tobat dan menjauhinya. Masih belum kapok juga?! baca ini dulu Human Body Part X.

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)