Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Tips Merawat Perabot Rumah Tangga

houshold appliance
Tugas sebagai ibu rumah tangga tentu tidak terlepas dari mengatur dan memelihara seisi rumah terutama semua perabotan yang ada. Kadang kala muncul beberapa masalah dalam hal merawat atau memelihara barang-barang perabotan yang kita miliki. Berikut tips merawat berbagai macam barang dan perabot rumah tangga agar lebih awet.

1. Cara agar dinding tidak retak ketika dipaku.
Sebelum tembok dipaku, tandai terlebih dahulu titik yang akan di paku lalu tempelkan/rekatkan di atasnya dua lembar selotip (isolasi) dengan panjang masing-masing kurang lebih 3 cm berbentuk silang (X). Kemudian baru pasang paku menembus tanda silang tadi tepat ditengahnya atau tepat pada titik yang sudah ditandai dan pukullah dengan palu pelan-pelan. Setelah itu baru lepaskan isolasinya, maka dinding tidak akan retak.

2. Cara membersihkan lantai dan porselen.
Gosokkan blau dan sabun pada lantai atau barang-barang dari porselen yang ternoda, hasilnya akan memuaskan dan tanpa goresan. Untuk merawat dan mengkilapkan lantai yang terbuat dari semen, lelehkan atau masak beberapa batang lilin lalu campur dengan minyak tanah dan gunakan untuk mengepel lantai niscaya lantai akan tampak mengkilap dan bersih.

3. Cara mengawetkan kain pel.
Jahitlah kembali kain pel tersebut dengan jahitan menyilang dan memotong arah serat kain pel tersebut. Makin banyak jahitan makin tahan dipakai lebih lama.

4. Cara mencegah jamur pada kamera dan televisi.
Bungkuslah sesendok teh kering dengan kertas berpori lalu gantungkan dengan benang pada kamera, televisi atau overhead proyektor milik Anda. Bisa juga menggunakan teh celup kemasan. Teh kering ini berfungsi sebagai penyerap udara lembab.

5. Cara mengatasi buku yang lembab dan berjamur.
Ambillah sepotong atau beberapa potong arang kering lalu selipkan di antara buku-buku.

6. Cara membersihkan handuk.
Panaskan sebagiannya saat disetrika, siapkan air dan tambahkan air oksigen, gosok bagian yang dipanaskan tadi dengan sepotong kain yang dibasahi campuran air tersebut.

7. Cara menghindari melekatnya pakaian dalam pada kulit.
Untuk menghindari melekatnya pakaian dalam tertentu pada kulit, ambil dan taburkan bedak pada bagian dalamnya, lalu lipatlah dan simpan pada tempatnya dan saat dipakai tidak akan melekat pada kulit.

8. Cara mengindari setrika menempel pada pakaian.
Agar setrika tidak menempel pada pakaian saat menyetrika, usapkanlah dengan sepotong sabun kering.

9. Cara membersihkan noda lemak pada pakaian.
Letakkan pakaian yang ternoda tersebut pada meja setrika, lalu letakkan selembar kain putih diatas noda tersebut. Kemudian setrikalah dengan setrika yang sudah panas, maka lemak yang terkena panas akan menempel/melekat pada kain putih tersebut.

10. Cara merawat sajadah.
Agar serabut-serabut sajadah tidak tegak berdiri setelah dicuci, peras dan jemurlah sajadah dengan cara diangin-anginkan sambil diusap searah serabutnya.

11. Cara membersihkan perabotan dari perak.
Untuk membersihkan perabotan yang terbuat dari perak yang telah lama tidak terawat, rendamlah di dalam air sabun yang tidak berbahan dasar jeruk nipis dan bebas sulfur/fosfat. Gunakan kain halus untuk menggosok perak dengan perlahan sampai bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Kilapkan perak yang kusam dengan halus dengan kain katun lembut dan gosok dengan pengkilap khusus jika terdapat noda. Gosok perak hanya dengan garis lurus, gerakan ke depan dan belakang (tidak melingkar). Hindari menggosok dan biarkan pengkilap melakukan kerjanya.

12. Cara membersihkan perabotan yang terbuat dari kuningan.
Ambillah asam yang sudah masak, lalu gosokkan pada perabot kuningan hingga benar-benar rata lalu diamkan hingga kering kemudian bersihkan dan bilas dengan air bersih.

13. Cara membersihkan barang-barang yang terbuat dari plastik.
Barang yang terbuat dari plastik mudah kotor dan berubah warna sehingga kurang sedap dipandang. Cara membersihkannya adalah ambil dan celupkan kapas ke dalam minyak kelapa secukupnya dan gosokkan pada barang-barang plastik tersebut. Lakukan berulang kali hingga terlihat bersih kemudian cuci dengan detergent.

14. Cara menghilangkan lumut pada kamar mandi.
Sebelum Anda tidur, siram terlebih dahulu kamar mandi dengan air kapur. Biarkan hingga esok pagi, baru kemudian disikat dan dibersihkan.

15. Cara membersihkan freezer.
Ambillah pasta gigi, lalu gosokkan pasta tersebut dengan menggunakan serbet/kain bersih pada freezer. ulangi hingga dua kali, maka hasilnya freezer tersebut akan kembali putih bercahaya.

16. Cara memelihara perabot dapur tetap cemerlang.
Agar peralatan dapur tidak mudah cepat kotor dan bocor, maka sebelum digunakan untuk memasak atau menggoreng, terlebih dahulu oleskan minyak kelapa pada bagian bawahnya.

17. Cara mengatasi karat pada peralatan dapur.
Agar peralatan dapur tidak mudah berkarat, harus diusahakan diputar seminggu sekali agar tidak karatan dan macet. Jika berkarat, campurkan setengah sendok teh garam dan/atau bubuk soda kue dengan satu sendok makan perasan jeruk lemon. Oleskan ramuan di atas pada bagian yang berkarat. Diamkan hingga 15-20 menit lalu usap dengan kain kering. Campuran bubuk soda kue dan air hangat bisa menghilangkan karat pada penggorengan.

18. Cara membersihkan botol.
Rendamlah botol dengan air sabun, lalu beri satu sendok makan abu gosok dan satu sendok teh cuka. rendam selama kurang lebih 5 menit kemudian sikat bagian dalam dan luar botol sampai merata dan kocok-kocok lalu bilas hingga bersih.

19. Cara membersihkan gelas agar tampak bening.
Gosoklah gelas dengan jeruk nipis dan garam hingga bagian dalam gelas, lalu bilas dengan air bersih.

20. Cara melepaskan gelas yang tidak bisa dicopot.
Jika Anda menyusun gelas ada kalanya gelas menjadi macet atau susah dilepas/dicopot, untuk mengatasi hal tersebut, masukkan air dingin ke dalam gelas bagian dalam lalu usahakan memasukkan air hangat ke dalam gelas bagian luarnya, tunggulah beberapa saat, lalu lepas/copot gelas-gelas tersebut. Bisa juga merendam gelas tersebut ke dalam air hingga beberapa saat hingga air masuk pada gelas yang didalam lalu lepaskan ketika gelas masih terendam di dalam air.

21. Cara menghilangkan bau minyak tanah pada peralatan dapur.
Ambillah air kapur sirih yang pekat lalu gosokkan beberapa kali pada peralatan dapur yang terkena minyak tanah, lalu cucilah dnegan sabun dan bilas hingga bersih.

22. Cara menghilangkan noda telur yang mengering pada bejana.
Untuk menghilangkan noda telur matang yang mengering pada bejana (panci penggorengan dan sejenisnya), taburkan garam halus secukupnya lalu diamkan sekitar 30 menit, kemudian gosoklah bejana tersebut dan bersihkan dengan air dan sabun.

23. Cara menghilangkan bau amis pada wajan.
Gunakan wajan yang berbau amis tersebut untuk merebus ampas teh atau ampas kelapa selama beberapa menit niscaya bau amis tersebut akan hilang dengan sendirinya.

24. Cara merawat pisau yang berkarat
Gosoklah pisau Anda dengan menggunakan batu apung dan gunakan air lemon, cuka dan kentang untuk menghilangkan karatnya. Taburkan garam secukupnya pada pisau lalu rendam dengan air lemon atau cuka. Sedangkan cara menghilangkan karat pada pisau menggunakan kentang ada dua cara yaitu :

a). Tusukan pisau berkarat pada kentang. Pastikan bagian pisau yang berkarat masuk ke dalam daging kentang. Lalu diamkan seharian atau semalaman. Selanjutnya lepaskan pisau dari kentang dan gosok karat yang menempel pada pisau. Cara menghilangkan karat pisau dengan metode menusuk kentang cocok dilakukan untuk menghilangkan karat pada peralatan yang tergolong kecil, seperti pisau maupun cutter.

b). Belahlah kentang menjadi 2 bagian. Kemudian taburkan soda kue tepat pada sisi dalam dari belahan kentang. Gunakan sisi yang sudah ditaburi soda kue untuk menggosok pisau yang berkarat. Gosok dengan kuat. Setelah beberapa saat, ambilah spons kasar atau sabut baja dan gunakan untuk menggosok karat pada pisau hingga bersih. Lalu cuci dan bilas dengan air bersih dan keringkan sebelum menyimpannya.

Komentar

  1. tips sederhana tapi sangat bermanfaat. jadi tidak khawatir tentang perabot2 di rumah

    Kerajinan Bambu Asli Yogyakarta
    Telp. 0852 9208 8944
    WA. 0856 4307 7157
    BB. 5AB27D52
    www.kerajinanbambujogja.com

    BalasHapus
  2. Makasih gan manfaat sekali :D
    Yang mau bayar online disini aja ya dijamin trusted www.serbabayar.com

    BalasHapus
  3. kunjungi halaman kami https://www.facebook.com/konkastore/ :) terima kasih

    BalasHapus
  4. https://www.facebook.com/DoraHomi-Indonesia-112188676794313/ kunjungi webstie kami :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)