Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Tembakau

Tanaman Tembakau
Kita telah mempelajari bahwa alkohol itu adalah racun dan bahaya serta kerusakan yang telah dilakukannya di dalam tubuh kita. Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang jenis racun lainnya dimana ribuan orang telah banyak menggunakannya setiap hari. Racun itu digulung di dalam cerutu dan rokok dan tersembunyi di dalam asap dari kepingan tembakau yang terbakar dan semakin berbahaya karena penggunanya kebanyakan anak-anak, remaja dan kawula muda.

Mungkin Anda sudah tahu bagaimana perasaan orang yang pertama kali menggunakan tembakau atau merokok, jika belum tahu, kami akan memberitahu Anda. Mereka akan merasakan pusing, gemetar, berkunang-kunang dan muntah, kepalanya menjadi sakit dan mereka akan sangat kesakitan atau merasa tidak nyaman selama berjam-jam kadangkala rasa sakit itu hingga beberapa hari bahkan mereka tidak tahu apa yang telah terjadi dan apa yang harus dilakukan. 

Kenapa mereka mengalami hal itu?___itu karena racun tembakau telah masuk ke dalam paru-parunya dan sebagian racun itu telah bercampur dengan air liur dan masuk ke dalam perutnya dan setiap organ yang dilewatinya akan berjuang keras untuk mengusir racun itu keluar sehingga timbullah rasa sakit atau tidak nyaman dalam tubuh itulah yang dirasakan oleh mereka pada awalnya. Itu adalah signal penolakan dari dalam tubuh jika mereka bisa berbicara mereka akan berkata : "Anda telah memberi saya racun, jangan memberi saya racun lagi." Perbuatan yang mereka lakukan itu sudah cukup bagi racun itu untuk menjadi penyebab kematiannya.

Ketika mereka telah pulih dari rasa sakit dan ketidaknyaman tadi, mereka akan mencoba mengunyah atau merokok lagi dan lagi, hingga mereka merasa telah terbiasa dengan racun tersebut dan dapat mengunyah atau merokok tanpa merasakan sakit lagi, itulah yang dipikirkan oleh mereka, tapi mereka sangat keliru dan salah besar.

Tembakau adalah racun dan menyakiti semua orang yang menggunakannya setiap kali mereka melakukannnya, meskipun sistem kerja racun jahat ini sangat lambat, kecuali dikonsumsi sekaligus dalam jumlah yang sangat besar dan banyak. Untuk memahami lebih lanjut tentang hal ini, kita akan mencoba untuk mempelajari bagaimana tembakau diperoleh, apa kandungan racun didalamnya dan dengan cara bagaimana benda ini dapat merugikan atau membahayakan nyawa manusia.

SEJARAH TEMBAKAU

Asal mula tembakau dan penggunaannya. Tembakau berasal dari daun tanaman tembakau yang ditanam oleh penduduk asli Amerika. Tembakau telah digunakan oleh suku Indian di Benua ini sebelum Colombus datang pada tahun 1492. Beberapa orang Spanyol yang ikut bersama Colombus pada kunjungannya yang kedua ke Benua tersebut telah membawa pulang beberapa tumbuhan tembakau ini ke Portugal dan mengatakan kepada semua orang bahwa mereka telah menemukan sebuah obat yang mujarab. Dari Spanyol biji tembakau dikirim ke Perancis oleh Jean Nicot pada tahun 1560. Dia juga mengatakan bahwa Sir Walter Raleigh telah membawanya juga ke Inggris pada tahun 1586 ketika Ratu Elizabeth telah berkuasa.

Dalam beberapa tahun saja telah banyak masyarakat kelas atas yang menghisap, mengunyah dan merokok seperti yang telah dilakukan oleh orang Indian pedalaman walaupun mereka harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk hal ini. Raja James tampaknya sangat tidak menyukai dan membenci barang ini sehingga dia mengatakan, "Barang ini ibarat kostum yang memuakkan pandangan, membangkitkan benci pada penciuman, berbahaya bagi otak dan berbahaya bagi paru-paru." Dia menyebut asap dari rokok sebagai "asap yang berbau busuk."

Tanaman tembakau. Tanaman ini masih memiliki family yang sama dengan tumbuhan nightshade yang sangat beracun, henbane, belladonna, thorn-apple, Jerusalem cherry, kentang, tomat, terong, cabe, bitter-sweet dan petunia. Sebagian besar tumbuhan yang termasuk dalam family Solanaceae ini memiliki sedikit banyak racun yang terdapat di dalam daun atau buahnya. Tembakau diperkirakan telah mendapatkan julukannya dari sejenis pipa yang di gunakan oleh orang-orang Indian yang merokok dari daunnya. 

Pada umumnya, tanaman tembakau tumbuh dengan tinggi sekitar 3-6 kaki (1.8 meter), dengan memiliki daun yang besar, lebar, berbentuk bulat lonjong dan tumbuh hingga ke bawah batang, bunganya berbentuk terompet dan berwarna keungu-unguan. Ketika masih segar daunnya memiliki sangat sedikit aroma atau rasa.

Bagaimana cara memanfaatkan tembakau. Bila tanaman ini telah siap panen, mereka di potong pada bagian atas akar dan di simpan pada suatu tempat agar mereka menjadi kering, sering kali sebuah bangunan di dirikan untuk tujuan ini yang disebut 'los' atau 'rumah tembakau'. Dalam waktu singkat mereka mulai menghasilkan aroma yang kuat dan rasa yang pahit. Kemudian daun-daunnya di lepaskan dari batangnya dengan sangat hati-hati dan di urutkan. Daun yang terdekat akar dianggap kurang berkualitas, umumnya kuliatas terbaik terletak pada bagian atas.

Setelah di sortir mereka di kemas dalam berbagai peti terpisah dan di kirim untuk di jual kepada para produsen cerutu, rokok, dll. Para produsen itu kadang kala memproses daunnya dalam bentuk gulungan menjadi cerutu, beberapa diproses ke dalam bentuk makanan untuk di kunyah atau ke dalam bentuk serbuk dalam sebuah pipa, sedangkan lainnya sebagai bahan dasar untuk rokok. Kemudian daun kering itu di gulung, di tekan atau di tindis, berbagai macam zat di campurkan ke dalamnya untuk menghasilkan bau dan rasa yang enak.

Namun, senikmat apapun rasa yang di tambahkan oleh para produsen itu ke dalamnya ketika prose pembuatan tadi, mereka tidak bisa menguluarkan racun yang telah di kandungnya. Racun itu tersimpan di dalam bungkus warna coklatnya yang banyak merugikan bagi siapa saja yang telah menghisapnya baik dalam bentuk cerutu, rokok, atau tembakau yang di kunyah.


Berbagai jenis produk tembakau

RACUN di dalam TEMBAKAU dan BAHAYANYA

Apa racun yang di hasilkan dari fermentasi alkohol?___"Alkohol."  Racun dari distilasi alkohol?___"alkohol", Betul, dan apa racun terkuat yang terdapat di dalam tembakau?___"Nikotin". Anda benar sekali. Nikotin merupakan sebuah nama yang berasal dari nama seorang pria yang bertama kali mengirimkan tembakau ke Perancis yaitu Jean Nicot

Tembakau, seperti halnya alkohol adalah termasuk jenis narkotika yaitu zat yang dapat menghilangkan rasa kantuk dan menghasilkan kantuk. Alkohol pertama kali bekerja menekan sistem syaraf; tembakau pada otot yang mana akan melemahkannya dan membuat tubuh gemetar. Hal ini sering menyebabkan palpilasi pada jantung.

Jika kulit tergores atau tertusuk dan racun tembakau di masukkan ke dalam luka, maka dia akan membahayakan seperti halnya ketika dia masuk ke dalam perut. Tembakau ini sangat berbahaya sehingga banyak para dokter yang tidak menggunakannya atau merekomendasikannya sebagai obat.
Ingatkah Anda bagaimana setelah alkohol di minum?, lambung akan mengambilnya dan mengirimkannya ke hati, kemudian di kirim ke seluruh tubuh melalui darah.

Tembakau, seperti yang telah kita katakan, racunnya bekerja lebih lambat. Orang-orang tidak sengaja menelannya, kemudian turun ke dalam lambung yang bercampur dengan air liur dan membuat masalah di sana, menyebabkan mual dan muntah ketika di gunakan pertama kalinya. Perlahan-lahan lambung mulai menerima racun tersebut tanpa merasakan sakit lagi, tapi sebenarnya dia sedang menderita dispepsia atau penyakit lainnya dan sering kehilangan nafsu makan terhadap makanan yang sehat.

Apa yang terjadi di mulut, tenggorokan dan paru-paru?
Mulut mendapatkan racun itu melalui pori-pori membran atau kulit yang membentang di dalamnya, oleh karena itu mereka yang merokok kadang menderita penyakit yang di sebut "sakit tenggorokan', selain itu, indera perasa dan penciuman sedikit banyak akan terluka oleh nikotin dan racun lainnya yang terdapat di dalam tembakau.

Uap atau asap dari tembakau akan memenuhi udara dengan asap beracun yang akan meng-iritasi paru-paru, tidak hanya para perokok tetapi juga semua orang yang menghirup udara yang sama. Paru-paru yang telah ter-iritasi akan cenderung lebih mudah terserang penyakit.

Rokok sigaret masih lebih berbahaya lagi di bandingkan cerutu karena asapnya tertahan oleh penutup kertas di atasnya, selain itu dari cara mereka dibuat lebih banyak lagi racun tembakau yang akan masuk ke dalam paru-paru. 

Bagaimana di otak dan saraf?
Para perokok merasakan sangat tenang dan nyaman setelah menghisap cerutunya dan otaknya juga menjadi sangat tenang sehingga mereka tidak memikirkan tentang dampaknya yang terjadi di dalam pembuluh darah dan syaraf, mungkin mereka tidak atau belum pernah mendengar bahwa tembakau, baik yang dihisap ataupun yang dikunyah dapat mempengaruhi otak dan tidak mempelajari tentang hal ini hingga mendapati tiba-tiba sudah mengalami hilang ingatan bagi mereka yang memang sudah memiliki ingatan yang buruk dan akal yang lemah sehingga semakin tidak mampu berpikir dengan baik. Mereka telah menjadi budak dari tembakau dan tidaklah mudah bagi mereka untuk membebaskan diri dari musuh yang sangat kejam ini. Saraf juga akan kehilangan kemampuannya, menjadi lemah atau lumpuh oleh nikotin dan racun tembakau lainnya.

Beberapa orang yang telah terbiasa menggunakan tembakau akan butuh usaha yang cukup keras untuk mengeluarkan racun ini melalui paru-paru, kulit dan organ lainnya, tapi alangkah lebih baik jika usaha itu tidak dipaksa untuk menyingkirkan sesuatu yang ternyata tidak baik untuk mereka hanya memberikan sedikit pun kebaikan bagi orang lain kecuali dirinya sendiri dan lebih sering memaksa mereka untuk tetap menjadi perokok yang baik. Selain itu, nafas dan pakaian mereka juga berbau tembakau yang tidak hanya mengotori udara tapi juga sangat mengganggu kenyamanan orang lain.

Jika merokok itu benar dan baik, mengapa kita sering merasa jijik terhadap orang yang terbiasa mengunyah tembakau, dan merasa merokok itu perbuatan yang tidak bermanfaat selain merusak suara, indera perasa juga pembau?

Dan bagaimana dengan dengan meludahkan air ludah yang bercampur tembakau di lantai mobil, di jalan, di dalam kereta dan tempat-tempat lainnya dimana setiap pria atau anak-anak remaja sudah kehilangan kesopanannya di tempat-tempat umum karena kecintaan mereka kepada tembakau?

Kita harus ingat bahwa cerutu, rokok itu butuh biaya. Tidak ada orang yang merokok akan berpikir menyisihkan uang mereka untuk di tabung atau digunakan untuk membeli sesuatu yang lebih berharga untuk dirinya sendiri atau orang lain. 

Terakhir, kami akan beritahukan kepada Anda bahwa tembakau itu menyebabkan rasa haus dan hal inilah yang memicu mereka minum minuman keras beralkohol. Beberapa orang ahli telah mempelajari hal ini dan menyimpulkan bahwa 'sembilan dari sepuluh pria dan remaja yang menjadi pemabuk untuk pertama kalinya karena belajar merokok atau mengunyah tembakau.' Pada sebuah koran harian New York melaporkan adanya 294 kasus kegilaan yang disebabkan oleh minuman keras, 246 kasus karena merokok atau mengunyah tembakau.

Tembakau dan alkohol membuat ribuan rumah tangga menjadi berantakan dan menggiring banyak orang ke penjara atau ke RS jiwa, jadi kami menghimbau kepada Anda semua untuk menghentikan kebiasaan yang sering Anda lakukan dari meminum bir, wine dan semua jenis minuman keras beralkohol lainnya dan berani berkata 'tidak' pada rokok dan tidak tergoda untuk merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk apapun.

Lakukan semua upaya untuk mencegah hal ini karena seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa alkohol dan racun tembakau akan menyakiti dan membahayakan anak-anak dan remaja dalam segala hal lebih dari yang dapat orang lain lakukan paa mereka. Jika Anda telah memulai menggunakan racun ini, memberi mereka hari ini, maka kebiasaan ini semakin membuat Anda kecanduan dan butuh usaha yang semakin keras dan kuat untuk melawan atau menghentikannya. Berhentilah dari sekarang sebelum terlambat dan jangan pernah coba-coba untuk mendekatinya atau tergoda untuk mencicipi racunnya.

Beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi ini.

Apa nama racun terkuat dalam tembakau?____"Nikotin."
Siapakah yang paling dirugikan?_____"Mereka yang telah mulai menggunakannya sejak anak-anak atau remaja."
Apa yang terjadi pada anak-anak atau remaja yang telah menggunakan tembakau dalam berbagai bentuknya?____"Mereka tampak tidak sehat, tidak kuat, pertumbuhannya terhambat, tampak pucat dan sakit-sakitan."
Bagaimana kondisi akal mereka yang telah teracuni oleh tembkau?_____"Mereka tidak bisa belajar dengan cepat dan sering lupa dengan apa yang telah mereka pelajari."
Apa yang sering membuat orang-orang yang suka kebersihan sangat membenci para perokok, penghisap cerutu atau pengunyah tembakau?___"Nafas dan pakaian mereka berbau tembakau, meracuni udara dengan asap tembakau dan beberapa orang memiliki kebiasaan jorok suka meludah di sembarang tempat."
Apa kerugian lain yang disebabkan penggunaan tembakau ini?___"Membuat mereka membuang-buang waktu dan uang, menjadi pemicu untuk meminum minuman keras beralkohol dan pergi ke tempat-tempat maksiat."
Jika Anda orang yang bijak, bagaimana cara Anda memperlakukan tembakau?____"Mengabaikannya saja."
Jika Anda telah mulai menggunakannya, apa sebaiknya yang Anda lakukan?___"Menghentikannya saat itu juga."
Mengapa harus saat itu juga?___"Karena semakin lama saya menggunakannya maka akan semakin sulit bagi saya untuk menghentikan dan melawannya.
Jika Anda terus menggunakannya, apa yang terjadi pada Anda?___"Menjadi seorang budak tembakau."

TEMBAKAU
RACUN DALAM  ASAP TEMBAKAUEFEK DARI RACUN
Carbonic acidPenyebab kantuk dan sakit kepala.
Carbonic oxidePenyebab otot-otot dan jantung berdebar.
AmoniaLidah pahit; membuat kelenjar ludah di paksa bekerja terlalu keraster.
Nikotin Lihat di bawah.

NIKOTIN
KARAKTERISTIK
Harum,
Pedas,
Emetik,
Beracun,
Pereda rasa sakit,
Menghasilkan penenang, yaitu Narkotika.
              MENYEBABKAN
              Kelemahan,
              Gugup,
              Pusing,
              Mual,
              Pingsan,
              Kehilangan kekuatan,
              Koma,
Jika digunakan dalam jumlah besar               Kejang dan kematian.

BEBERAPA KERUGIAN YANG DILAKUKAN OLEH TEMBAKAU
BAGI TUBUH.                                      BAGI PIKIRAN, DLL
Meracuni air liur.
Melukai bau, rasa, penglihatan, dan pendengaran.
Penyebab "perokok 'sakit-tenggorokan."
Melukai perut, menyebabkan dispepsia, dll
Sering menghilangkan nafsu makan yang sehat.
Mengiritasi udara-sel paru-paru.
Penyebab palpitasi jantung.
Melemah otot, menyebabkan gemetar.
Melukai mata.
Melumpuhkan otak dan saraf.
Membuat mudah lupa.
Mengurangi kekuatan untuk berpikir.
Melemahkan kehendak.
Membuat orang tumbuh dalam keegoisan dan ketidaksopanan.
Membuat orang membuang-buang waktu dan uang.
Memicu mabuk dan ke tempat maksiat.
Kadang-kadang menyebabkan kegilaan.

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)