Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Inilah yang Dilakukan Alkohol di dalam Tubuhmu

Alkohol murni tidak terlalu banyak merugikan manusia karena dia terlalu keras bagi mereka untuk diminum sepuasnya; tetapi alkohol yang tersembunyi di dalam cider, ale, wine, wiski, dan minuman beralkohol lainnya membunuh tidak kurang dari enam puluh ribu orang di negara ini setiap tahun, selain mereka yang meninggal akibat mengkonsumsinya di bagian belahan dunia lainnya.


Akan ada kegemparan besar yang terjadi ketika ada seekor anjing gila di sekitar lingkungan kita; dan jika ada orang yang digigit dan mati oleh penyakit anjing gila yang mengerikan itu, orang-orang akan bersedia suka rela untuk memusnahkan semua anjing dari lingkungan tersebut; tapi ketika ada pemabuk yang meninggal karena tremens delirium atau kegilaan alkohol, betapa sedikit berita yang akan menyiarkan tentang penyebab kematiannya, atau melakukan semua yang mereka bisa untuk berperang melawan penggunaan minuman keras beralkohol tersebut.

Tapi mengapa kita mengatakan hal-hal yang terkesan kasar, keras, kejam seperti itu untuk melawan minuman keras ini yang beberapa orang sangat menyukai atau menggemari minuman ini dan berpikir bahwa minuman beralkohol itu tidak begitu berbahaya? Dengan cara apa mereka menyakiti dan membunuh manusia? Mari kita lihat. Kemana perginya apa yang kita minum itu setelah dia dimasukkan ke dalam mulut?___ "Ke perut". Jika itu hal yang layak untuk masuk ke perut, akan diubah menjadi apa?___"Ke dalam sesuatu yang akan membantu untuk menghasilkan darah yang baik."

Orang-orang terpelajar, yang telah meneliti dan dengan hati-hati mempelajari tentang hal ini, memberitahukan kepada kita bahwa lambung terluka oleh alkohol, karena cairan panas itu bukan makanan, tapi racun yang membuat lambung sangat menderita, dan dipaksa bekerja dengan keras. Pembuluh darah lambung membawa dan mengirimkannya ke hati. Hati, yang merupakan organ terbesar dengan berat sekitar empat pon, terletak di sisi kanan bawah paru-paru; pekerjaannya adalah, untuk membantu membuat darah murni. Hal ini tidak dapat dilakukan pada alkohol, sehingga mendorongnya masuk ke dalam jantung; jantung mengirimkannya ke paru-paru; paru-paru membuangnya beberapa keluar melalui napas, yang menimbulkan bau yang sangat busuk yang menunjukkan bahwa racun itu telah melewati dan meracuni setiap organ-organ yang sudah dilaluinya sejak berawal dia memasuki mulut.

Beberapa alkohol tidak keluar dari paru-paru melalui nafas, tapi berjalan kembali dengan darah ke jantung, dan dari jantung dikirim melalui arteri ke seluruh bagian tubuh. Tidak ada bagian dari tubuh ini menginginkannya.

Kulit mendorong sebagian darinya, melalui pori-pori kecil, dalam bentuk keringat.

Ginjal , yang terletak di belakang di bawah pinggang, di setiap sisi tulang belakang, membuang beberapa racun ini.
Namun beberapa di antaranya masuk ke dalam otak , dan masih banyak lagi kejahatan yang dilakukannya dan kita akan belajar lebih banyak setahap demi setahap. Anda tahu, jika otak terluka, pikiran tidak bisa melakukan tugasnya berpikir dengan benar; dengan demikian, alkohol sangat besar membahayakan pikiran melalui otak.

Otot-otot dan tulang dirugikan olehnya dengan tidak dipasok oleh darah murni, jantung akan lelah dengan dipaksa bekerja keras, dan paru-paru akan menjadi sakit dengan cara yang sama oleh alkohol yang mengerikan ini.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi kuat dan sehat, jangan pernah berhubungan dengan yang namanya minuman keras beralkohol karena :


Alkohol Beracun Bagi :

Lambung,
Jantung,
Tulang,

Hati,
Paru-Paru,
Otot,

Darah,
Otak,
Kulit,

Dan setiap bagian anggota tubuh lainnya.



Lambung
Kita telah mempelajari tentang sistem pencernaan, dan tahu tentang lapisan lambung, tentang mengunyah dan proses pembuatan chyme, sehingga akan lebih mudah untuk memahami mengapa sesuatu yang memiliki alkohol di dalamnya tidak layak untuk masuk ke dalam perut.

Jika kita mengambil setetes alkohol dan meneteskannya pada mata, alkohol akan membuatnya terluka; jadi begitulah alkohol dalam lambung akan merusak lapisannya dan membuatnya sakit.

Alkohol merupakan racun bagi asam lambung. Jika kita mengambil beberapa asam lambung ini dari lambung seekor anak sapi yang baru saja disembelih dan mencampurkannya dengan alkohol, maka alkohol akan memisahkan bagian berair dari pepsin. Inilah yang dilakukan oleh alkohol didalam lambung. Alkohol menyerap air dari asam lambung sehingga mencegah pepsin bercampur dengan baik dengan makanan dan menghalangi proses makanan menjadi chyme, yang mana hal ini tidak dapat berlangsung tanpa pepsin.

Kita telah mempelajari bahwa alkohol mencegah daging menjadi busuk atau hancur berkeping-keping. Kita menjelaskan bahwa makanan di dalam lambung harus dihancurkan untuk mempersiapkan diri berubah menjadi darah; bila bercampur dengan alkohol hal tersebut tidak akan terjadi, dan asam lambung tidak bisa melelehkan atau larutkannya. Sehingga perut terhalang dari melakukan tugasnya sampai alkohol dapat dihilangkan.

Sebuah kisah nyata berikut ini diharapkan membantu Anda untuk mengingat bagaimana alkohol membahayakan bagi lambung. Beberapa orang di Edinburgh gaji mereka akan dibayarkan tiap hari Sabtu, segera setelah itu mereka mengadakan acara makan malam. Mereka mabuk dan tetap demikian sampai hari berikutnya pada siang hari. Ketika mereka menjadi sadar mereka merasakan sakit kepala dan merasa seluruh tubuhnya sangat kesakitan, mereka dibawa ke dokter; dia memberi mereka beberapa obat yang membuat seluruh makan malam mereka pada hari Sabtu itu dikeluarkan dari dalam lambung mereka. Lambung yang malang itu tidak bisa berbuat apa-apa dengan makan malam yang dicampur dengan wiski atau rum, karena minuman keras ini mengandung alkohol.

Kita telah belajar bahwa lambung akan berbegas mengusir alkohol ke dalam hati; hati mengirimkannya dengan darah ke dalam jantung; jantung mengirimkannya ke dalam paru-paru; paru-paru mengeluarkannya lewat napas melalui hidung dan mulut, dan itu merupakan bukti bahwa beberapa jenis minuman keras beralkohol telah masuk ke dalam perut.

Ingat, bahwa alkohol yang keluar lewat pernapasan merupakan sebagian dari apa yang masuk ke mulut. Hal itu tidak bisa disangkal. Alkohol ini tidaklah melakukan sesuatu kecuali kerusakan dalam setiap perjalanannya dalam tubuh, yang mana hal ini menunjukkan bahwa alkohol itu bukan makanan, tapi racun. Tuhan yang telah menciptakan tubuh kita, tidak menciptakan organ yang memiliki kekuatan untuk mengubah alkohol dalam darah.

Orang kadang-kadang mencicipi ale atau wine karena mereka pikir hal itu dapat memberikan mereka sebuah nafsu makan. Ini adalah kesalahan besar. Ketika setiap minuman keras beralkohol masuk ke dalam lambung, ada semacam kerja keras agar dalam tubuh untuk segera mengeluarkan benda haram tersebut sehingga rasa sakit karena lapar tidak dapat dirasakan; ketika alkohol berhasil dikeluarkan, lambung telah kelelahan dan tidak mampu memberitahu otak bahwa dia sedang lapar. Ketika alkohol dimasukkan ke dalam lambung, hari demi hari, dia akan kehilangan keinginannya untuk hal-hal yang baik, makanan sehat, dan ingin lebih dan lebih meminum minuman keras beralkohol. Inilah yang dimaksud dengan memiliki nafsu makan untuk meminum alkohol.

Alkohol membuat lambung menjadi luka dan dipenuhi oleh penyakit; orang-orang yang sudah terlanjur menjadi peminum berat minuman keras ini selalu kebanyakan dari mereka menderita dispepsia.

Jadi, jika lambung bisa berbicara, dia akan berkata: "Jangan tuangkan alkohol ke dalam diriku, meskipun Anda mencampurnya dan menyebutnya ale, cider, wine, atau nama lainnya yang membuat orang berpikir bahwa barang itu tidak akan membahayakanku. Anda tidak bisa menipuku. Aku tahu dengan segera setiap alkohol yang masuk dan turun, dan itu selalu membuatku menderita."

Secara garis besar alkohol pada lambung akan :
  • Membakar dan mengikis lapisan lambung.
  • Merusak asam lambung.
  • Membuat makanan sulit untuk di cerna.
  • Menghilangkan nafsu makan terhadap makanan yang sehat.
  • Menambah nafsu untuk terus menambah minum meminuman keras beralkohol.
  • Menimbulkan penyakit pada lambung dan organ pencernaan lainnya.
Alkohol Bagi Tulang, Otot dan Kulit
Tulang. Kita telah belajar bahwa tulang perlu disuplai dengan darah yang baik untuk membuat mereka kuat dan sehat, dan alkohol itu tidak memproduksi darah yang baik, jadi kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memutuskan bahwa minuman keras beralkohol itu merusak bagi tulang, dan bahwa tulang-tulang mereka yang minum minuman keras ini cenderung untuk sulit disembuhkan apabila rusak daripada orang yang darahnya belum diracuni oleh alkohol.

Otot. Otot, seperti yang Anda tahu, membungkus dan menggerakkan tulang; darah yang baik membuat mereka tumbuh, dan membuat mereka sehat dan kuat. Orang-orang suka memiliki otot yang sehat dan banyak, karena hal ini tidak hanya memberikan mereka kekuatan, tapi juga membuat mereka terlihat gemuk dan sehat.

Alkohol meracuni darah dengan menghancurkan sel-sel darah merah dan organel-organel di dalamnya. Organel-organel itu mengapung di bagian cairan dari darah, dan pergi ke setiap bagian dari tubuh untuk membantunya tetap hidup dan sehat. Ketika alkohol menyakiti mereka, mereka berubah menjadi semacam lemak yang jahat, dan tidak bisa berbuat apapun yang baik. Mereka tinggal pada berbagai macam organ yang berbeda dan melakukan banyak kerusakan. Kadang-kadang mereka tersangkut diantara otot, dan membuat seseorang terlihat kuat karena gemuk; tapi dia tidak kuat, karena otot-ototnya penuh dengan lemak.

Kadang-kadang hati atau jantung, yang sebagian besar terdiri atas otot-otot, menjadi begitu berat dan dipenuhi dengan lemak sehingga mereka tidak dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik; mereka menjadi lemah dan sakit, aus, dan menyebabkan kematian pemiliknya, yang telah meracuni mereka dengan ale, wine, atau minuman beralkohol lainnya.

Kulit. Alkohol merusak kulit juga, dengan memberi nutrisi dengan darah beracun, dengan memaksa pori-pori bekerja ekstra dalam mengeluarkan beberapa alkohol dalam bentuk keringat, dan dengan membuat pembuluh darah kecil sedikit lebih besar daripada yang semestinya. Pembuluh darah ini sangat penuh oleh darah, dan menyebabkan wajah memerah dan hidung membiru yang menjadi tanda dari para peminum minuman keras beralkohol. Kemerahan pada kulit ini mengabarkan pada kita kerusakan apa yang sudah alkohol lakukan di dalam tubuh. Ini adalah sinyal bahaya yang memperingatkan terhadap para pengguna racun berbahaya ini.

Alkohol bagi darah, Paru-Paru dan Jantung
Bagi darah. Kita sudah tahu bahwa alkohol merusak sel darah merah dan organel didalamnya dan mengisinya dengan lemak. Kita tahu bahwa darah itu mengalir ke seluruh tubuh untuk memberikan nutrisi dan membawa pergi partikel-partikel usang dan menggantinya. Darah, ketika diracuni oleh alkohol dan berjalan keseluruh tubuh akan menyebabkan kemtian bukannya kesehatan dan kehidupan. Jadi, jika Anda ingin darah merah Anda baik dan sehat jangan pernah membiarkan alkohol masuk ke dalamnya.

Bagi jantung. Alkohol ketika datang dibawa oleh darah ke dalam jantung, jantung mulai beretak cepat untuk menyingkirkan minuman keras tersebut, hal ini membuatnya sangat kelelahan, seharusnya tugasnya hanya cukup membawa darah kotor ke paru-paru dan memompa darah yang baik ke dalam arteri tanpa tambahan kesulitan lain yaitu mengusir keluar alkohol. Orang yang bijak tidak akan memberikan pekerjaan tambahan ini bagi jantung.

Selain itu, kita pernah membicarakan tentang bahaya besar yang disebabkan alkohol bagi otot dan kita tahu bahwa jantung sebagian besar adalah otot dan akan terluka dengan cara apapun oleh alkohol. Dia akan mendapat terlalu banyak lemak jahat dari darah yang mengisi diantara otot-ototnya dan dengan demikian akan membuat dinding jantung menjadi tipis dan lemah dan kita bisa menjebol mereka dengan jari jika kita bisa menyentuh mereka.

Karena seringnya kelelahan akibat banyak bekerja, jantung sering melemah tiba-tiba dan berhenti berdetak dan mereka yang keterusan minum bir, wine, brendi atau rum akan mati mendadak "mati karena serangan jantung" itu yang orang banyak katakan padahal yang sebenarnya adalah mati karena minum minuman keras beralkohol.

Bagi paru-paru. Apa itu paru-paru?___"alat pernapasan dalam tubuh." apa yang mereka buang?___"udara kotor." Apa yang mereka ambil?___"udara bersih." di dalam udara bersih mengandung semacam gas yang diperlukan agar kita tetap hidup, gas ini disebut oksigen.

Ketika udara dibawa ke paru-paru, oksigen bercampur dengan darah dan menjadikannya bersih. Jika alkohol ada di dalam paru-paru, mengeraskan dinding selnya dan oksigen tidak dapat masuk sehingga pada saat itu juga gas kotor yang disebut nitrogen yang seharusnya dikeluarkan melalui hidung dan mulut ke udara, terjebak di dalam paru-paru. Sehingga darah di dalam paru-paru tidak dapat dibersihkan dan kembali ke jantung dalam bentuk darah kotor yang tidak layak untuk digunakan.

Paru-paru juga dipaksa bekerja lebih cepat ketika ada alkohol didalamnya karena dengan jantung mereka berjuang untuk mengusir musuh keluar. Hal ini membuat paru-paru lelah, sakit dan meradang. Mereka tidak mampu menjalankan tugasnya dan sangat besar kemungkinannya dalam setiap bernapas akan menyebarkan penyakit menular yang berasal dari paru-paru dibandingkan dengan bernapasnya orang yang tidak minum minuman keras beralkohol.

Beberapa orang yang gemar minum minuman beracun ini selama bertahun-tahun tampaknya tidak akan sakit akibat alkohol ini, tapi pada akhirnya mereka menderita apa yang disebut Alcoholic Phthisis semacam penyakit pada paru-paru yang dokter tidak bisa menyembuhkannya.

Alkohol Bagi Otak dan Saraf
Tentang otak selengkapnya baca di sini.
Kita tahu bahwa lapisan dalam otak kaya akan pembuluh darah yang tentu banyak berisi darah. Apakah Anda pikir alkohol bisa masuk ke otak?__"Ya." Bagaimana bisa itu terjadi?__"alkohol masuk bersama darah." Bagaimana kita bisa tahu bahwa alkohol bisa merusak otak?__Anda tidak bisa menjawab?__Apakah Anda tidak pernah melihat orang mabuk? sekarang katakan bagaimana Anda bisa tahu bahwa otaknya telah terluka oleh alkohol. "Bicaranya ngawur, tindakannya aneh, sangat pemarah, jalannya miring dan sempoyongan, tidak sadar dengan apa yang dilakukan, kadang jatuh tertidur dan hampir seperti orang mati, dan kadang pingsan karena mabuk atau mati seketika."

Marilah kita pelajari mengapa orang mabuk berperilaku aneh seperti itu. Masih ingat tentang alkohol dan putih telur. Baca di sini.
Alkohol akan melumpuhkan semua saraf yang dilaluinya. Hal ini yang membuat mereka terlihat bodoh dan tidak memahami apa yang otak ingin sampaikan kepada mereka. Hal ini juga yang membuat mereka berjalan sempoyongan karena saraf tidak mampu menggerakkan dan mengontrol otot. Begitu juga jika saraf pada lambung telah teracuni oleh alkohol, mereka tidak akan merasakan menderita lapar seperti yang seharusnya dan mereka membiarkan otak berpikir bahwa lambung sudah puas dan tidak membutuhkan jenis makanan lain lagi, karena telah terbius oleh minuman keras tersebut.

Dalam pelajaran ini kita semua telah diajarkan tentang kerugian yang disebabkan oleh alkohol pada tubuh dan pikiran. Anda tahu, dari apa yang kalian lihat pada seseorang yang sedang mabuk, dengan cara bagaimana alkohol itu telah menyakiti mereka?___"Alkohol telah membuat orang membuang-buang uang mereka, membuang waktu, membuat mereka jadi pemarah/beringas, membuat mereka saling berkelahi, membuat mereka berbicara kotor dan aneh, bahkan kadang mereka menyakiti orangtua dan anak-anaknya, membuat kehilangan nama baik dan membuat orang melakukan tindakan kriminal yang membuat mereka masuk dalam penjara."

Yach, itu hanya beberapa dampak buruk yang dilakukan oleh alkohol. Jika Anda bisa terbang mengelilingi dunia dan melihat apa yang sudah dilakukan oleh racun mengerikan ini pada banyak orang, sesuatu yang sangat menyedihkan, Anda akan melihat suatu pemandangan yang sangat menyedihkan. Lihatlah!____Setidaknya separuh dari kerusakan di dunia ini berasal dari minuman keras ini. Lihat.....! Lihatlah kembali....!!!

Siapapun Anda, apakah seorang gadis kecil, seorang anak laki-laki kecil, adakah di antara kalian yang bersedia bergabung dengan barisan tentara pemabuk ini? Tidak, tentu saja tidak mau..! Itu mungkin yang kalian pikir, dan mungkin tak seorangpun yang telah menjadi pemabuk pernah berniat untuk melakukan itu pada awalnya. Mereka semua dimulai hanya dengan satu gelas, beberapa tetes minuman keras beralkohol seperti cider, wine atau mungkin bir dan dengan demikian telah mulai belajar untuk menyukai rasa alkohol dan kemudian segera menjadi budak alkohol. Racun ini memiliki kekuatan eneh untuk membuat orang yang meminumnya menjadi ketagihan, ingin terus dan terus, ingin lebih dan lebih dan melupakan dirinya sendiri, meskipun mereka tahu bahwa alkohol ini telah menyakiti tubuh mereka.




MINUMAN KERAS BERALKOHOL MEMBAHAYAKAN
Tubuh,
Akal,
Jiwa;
Dan Membuat Orang :

MENYIA-NYIAKAN :
Uang,
Waktu,
Bakat.

KEHILANGAN :
Kekuatan,
Kesehatan,
Nama baik.

TIDAK MAMPU UNTUK
Berpikir,
Bekerja.

TDK MAMPU MENGURUS :
Dirinya sendiri,
Keluarganya,
Ibadahnya

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)