Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2015

Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Download Buku Belajar Bahasa Arab Durusul Lughoh

Gambar
Untuk Anda yang tertarik akan belajar bahasa Arab dari nol bagi pemula, saya berikan beberapa buku panduan beserta dengan soal latihan  juga jawaban  untuk lembar latihan sehingga bagi Anda yang masih pemula dapat belajar secara mandiri dan tidak kebingungan juga bisa mengukur sendiri sejauh mana kemampuannya dalam menguasai bahasa Arab tersebut. Buku panduan ini juga yang saya gunakan dan jadikan bahan untuk belajar mandiri di rumah. Semoga panduan ini dapat membantu Anda belajar dan memahami bahasa Arab dengan mudah, baik dan benar. Silahkan klik dan download buku Durushul Lughoh  pada link di bawah ini, file berbentuk pdf  :  1. Panduan Durusul Lughoh Al-Arobiyah 1     File size : 526 KB 2. Panduan Durusul Lughoh Al-Arobiyah 2     File size : 750 KB 3. Panduan Durusul Lughoh Al-Arobiyah 3     File size : 634 KB 4. Exercise  (Latihan) Lughotul Arobiyah 1     File size : 8.3 MB 5. Exercise (Latihan) Lughotul

Human Body Part I

Gambar
Artikel ini disusun untuk memudahkan Anda mempelajari tentang "the house you live in" yaitu tubuh dan untuk mengajarkan bagaimana cara memelihara dan menjaganya dari gangguan 3 musuh terbesarnya yaitu : Narkoba, Alkohol dan Rokok (NAAR). Artikel ini saya ambil dari naskah asli berbahasa Inggris yang berjudul "Object Lessons on the Human Body" dengan beberapa perubahan dan penyesuaian. Berikut pesan pengarangnya : “Jangan lupa bahwa Anda harus "membayar" untuk semua mengetahuan yang akan Anda peroleh, apakah Anda kaya ataupun miskin. Tak ada orang lain yang bisa membayar untuk Anda. Anda, Anda sendiri yang harus membayarnya dengan mencurahkan semua perhatian pada pikiran Anda sendiri melalui mata dan telinga atau berbuatlah tanpa ilmu pengetahuan. Bijaksanalah : raih semua ilmu yang Anda bisa kuasai tentang pengetahuan apapun yang berharga dan terapkan ilmu itu pada diri sendiri dengan baik dan pada orang lain. Karena ilmu pengetahuan adalah kekuat

Tips Merawat Perabot Rumah Tangga

Gambar
Tugas sebagai ibu rumah tangga tentu tidak terlepas dari mengatur dan memelihara seisi rumah terutama semua perabotan yang ada. Kadang kala muncul beberapa masalah dalam hal merawat atau memelihara barang-barang perabotan yang kita miliki. Berikut tips merawat berbagai macam barang dan perabot rumah tangga agar lebih awet. 1. Cara agar dinding tidak retak ketika dipaku. Sebelum tembok dipaku, tandai terlebih dahulu titik yang akan di paku lalu tempelkan/rekatkan di atasnya dua lembar selotip (isolasi) dengan panjang masing-masing kurang lebih 3 cm berbentuk silang (X). Kemudian baru pasang paku menembus tanda silang tadi tepat ditengahnya atau tepat pada titik yang sudah ditandai dan pukullah dengan palu pelan-pelan. Setelah itu baru lepaskan isolasinya, maka dinding tidak akan retak. 2. Cara membersihkan lantai dan porselen. Gosokkan blau dan sabun pada lantai atau barang-barang dari porselen yang ternoda, hasilnya akan memuaskan dan tanpa goresan. Untuk merawat dan m

25 Metode Pembelajaran

Gambar
1. Metode ceramah Metode ceramah adalah suatu cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dilaksanakan oleh para guru. Dengan penyajian materi melalui penuturan dan penerangan lisan guru kepada siswa. Metode ini digunakan bila pelajaran tersebut banyak mengandung hal-hal yang memerlukan penjelasan dari guru. Metode ini hendaknya digunakan bersama-sama metode lain, seperti metode tanya-jawab. Pada metode ceramah ini, siswa dilatih untuk menjadi pendengar yang baik. Agar siswa tetap berperan secara aktif dalam proses belajar-mengajar yang menggunakan metode ceramah ini, maka siswa perlu dilatih mengembangkan kemampuan untuk mendengarkan, memahami suatu informasi, dan mencatatnya dengan baik. Siswa hendaknya diminta mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap informasi-informasi tertentu. Metode ini tidak senantiasa jelek bila penggunaannya betul-betul disiapkan dengan baik, didukung dengan alat dan media, serta memperhatikan batas-batas penggunaanya. 2. Met

6 Pertimbangan dalam Memilih Metode Pembelajaran

Gambar
Dalam proses belajar mengajar, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh seorang pengajar sebelum memulai tugasnya. Agar pelajaran tersebut mudah dipahami dan dicerna oleh siswanya, seorang guru dituntut untuk jeli dalam memilih metode apakah yang sesuai. Namun, sebelum memutuskan metode apa yang nantinya akan digunakan tentunya guru juga perlu memperhatikan beberapa pertimbangan berikut : 1. Bidang studi/pokok bahasan/aspek Pada SLTP dan Sekolah Menengah, program studi biasanya diatur dalam tiga kelompok yaitu:(1). Program pendidikan umum (kognitif),(2). Program pendidikan akademik, dan (3). Pendidikan keterampilan (psikomotorik). Maka metode yang akan kita gunakan lebih berorientasi pada masing-masang ranah diatas yang terdapat dalam pokok bahasan/aspek. 2. Tujuan pembelajaran Pertimbangan ini merupakan syarat mutlak dalam pemilihan metode yang akan digunakan. Sebagai contoh, seorang guru kesenian menetapkan cara memainkan alat musik dengan benar. Dalam ha

Mikroskop Cahaya, Bagian-Bagian dan Fungsinya

Gambar
1. Lensa okuler - sebuah lensa yang terdapat pada bagian atas ujung tabung dimana berhubungan langsung dengan mata pengamat. Lensa ini berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif. Perbesaran bayangan yang terbentuk berkisar antara 4-25 kali. 2. Tabung - tempat yang menghubungkan antara lensa okuler dan lensa obyektif. 3. Revolver - tempat yang berisi dua atau lebih lensa obyektif dan dapat diputar dengan mudah untuk merubah pembesaran. 4. Lensa Obyektif - Lensa objektif bekerja dalam pembentukan bayangan pertama. Lensa ini menentukan struktur dan bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir. Ciri penting lensa obyektif adalah memperbesar bayangan obyek dengan perbesaran beraneka macam sesuai dengan model dan pabrik pembuatnya, misalnya 10X, 40X, dan 100X dan mempunyai nilai apertura (NA). Nilai apertura adalah ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang be

Mikroskop

Gambar
Model mikroskop karya Jansen-Abbe A. Definisi Kata mikroskop berasal dari bahasa Yunani yaitu "mikros" artinya kecil dan "skopein" artinya melihat, merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil yang tak kasat mata. B. Sejarah singkat Sejak berabad-abad yang lalu, sebenarnya manusia telah berkeinginan untuk dapat melihat benda-benda yang jauh lebih kecil daripada yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Sejak abad 1 SM - Kaca telah ditemukan dan bangsa romawi telah menggunakan dan mengujinya. Mereka bereksperimen dengan berbagai bentuk kaca dan salah satu dari sampel kaca itu memiliki bagian tengah yang tebal dan tepi yang tipis. Mereka menemukan bahwa jika mereka memegang salah satu dari sisi "lensa" diatas sebuah objek, maka objek itu akan terlihat lebih besar. Mereka juga menemukan bahwa lensa yang difokuskan pada cahaya matahari dapat menimbulkan nyala api. Lensa ini tidak banyak digunakan hingga akhir abad ke 13 keti

8 Cara Berpikir Siswa

Gambar
Sering kali, seorang guru mengharapkan siswanya mengikuti cara berpikirnya sendiri dan tidak sebaliknya guru mengikuti cara berpikir siswa. Mengapa seorang guru harus mengikuti cara berpikir siswa? Selain agar pelajaran atau informasi yang disampaikan mudah diterima, juga untuk merangsang kegiatan berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir para peserta didik. Oleh karena itulah perlu bagi seorang guru atau pendidik untuk mengetahui apa yang siswa ketahui dan bagaimana cara siswa berpikir. Berikut beberapa cara berpikir siswa pada umumnya : 1. Berpikir asosiasi Berpikir dengan cara menghubungkan antara satu peristiwa dengan peristiwa lain,antara seseorang dengan orang lain yang dipandang sebagai rangkaian yang saling berhubungan dan keterkaitan satu sama lain. Misalkan siswa dihadapkan pasangan kata-kata : besi-berat;kapas-ringan, maka siswa dapat menyebut pasangan dari kata murid-...... dengan benar. Jika mereka mengatakan bahwa pasangan kata murid adalah guru, berarti mereka

5 Aturan dalam Berbicara

Gambar
Untuk melihat kualitas dan kualifikasi kita sebagai pembicara publik tidak akan terlepas dari melihat bagaimana kita berbicara pada hari-hari biasa atau keseharian kita. Di saat ngobrol santai, di rumah, di teras, di warung dan bahkan di tempat tidur merupakan satu kesatuan yang utuh antara kulitas bicara bisnis dan professional kita, kualitas komunikasi massa dan antar personal kita. Oleh karena itulah kualitas seseorang dapat ditentukan dari cara dia berbicara dan apa yang dibicarakan. Berikut ini terdapat 5 macam aturan dalam berbicara yang perlu kita ketahui : 1. Sopan Kita boleh memuji, boleh marah, kita boleh menginterogasi. Semuanya adalah bentuk-bentuk komunikasi. Kita boleh mengatakan apapun dengan cara apapun karena berbicara adalah hak setiap orang. Namun pada akhirnya, semua pembicaraan kita akan bermuara pada kebenaran tentang siapa kita dan bagaimana perilaku kita. Untuk itu, kita selalu punya 2 pilihan untuk tempat berdiri dan memandang yaitu : a. Pilar cinta,

8 Faktor yang Mempengaruhi Anak Pandai Berbicara

Gambar
Pada awal masa kanak-kanak terkenal sebagai masa tukang ngobrol, karena sekali anak-anak dapat berbicara dengan mudah, ia akan tidak putus-putusnya berbicara. Sebaliknya, ada anak-anak lain yang relativ diam dan tergolong pendiam. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya anak berbicara : 1.Inteligensi Semakin cedas anak, semakin cepat keterampilan berbicara yang dikuasai sehingga semakin cepat dapat berbicara. 2.Jenis disiplin Anak yang dibesarkan dengan disiplin yang cenderung lemah lebih banyak berbicara daripada anak-anak yang orang tuanya bersikap keras dan berpandangan bahwa “anak-anak harus dilihat tetapi tidak untuk didengar”. 3.Posisi urutan Anak sulung didorong untuk lebih banyak bicara daripada adiknya dan orang tua lebih mempunyai waktu yang banyak untuk berbicara dengan adiknya. 4.Besarnya keluarga Anak tunggal didorong untuk lebih banyak bicara daripada anak-anak dari keluarga besar dan orang tuanya mempunyai lebih banyak waktu untuk berbicara dengan