Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Khasiat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Kecantikan identik dengan penampilan dan merupakan sebuah aset yang berharga bagi wanita. Fenomena kecantikan sebagai bagian dari gaya hidup wanita, keberadaannya sudah dirasakan sejak berabad-abad yang lalu. Untuk mendapatkan penampilan diri yang optimal, tidak terlepas dari faktor hygiene yang dapat dibentuk melalui tindakan perawatan diri secara baik dan benar serta kebiasaan-kebiasaan menjalankan pola hidup yang teratur. Karena setiap orang pasti mendambakan kecantikan dan keserasian dalam penampilannya, maka merubah kebiasaan pola hidup yang tidak baik seperti kurang istirahat, merokok, meminum minuman beralkohol, makanan tidak bergizi, pemakaian kosmetik berlebihan dan terutama jarang mandi akan membuat penampilan menjadi terlihat lesu, tidak bertenaga dan tidak segar.


Mandi, merupakan langkah awal bagi kita dalam rangka upaya pemeliharaan kesehatan dan menjaga penampilan. Namun, karena mandi ini juga merupakan sebuah kebiasaan rutin yang dilakukan berulang-ulang secara otomatis setiap hari oleh kita terutama ketika akan berangkat kerja pada pagi hari, ketika ada acara ataupun hanya sekedar menjadikannya kebiasaan rutin setiap pagi sehabis bangun tidur, menjadikan kita kurang memperhatikan manfaat lain dari kebiasaan mandi tersebut. Menjadikan kebiasaan mandi secara teratur sebagai ajang gaya hidup sehat akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan seperti dapat menghilangkan bau badan, debu dan sel-sel kulit mati. 


Ternyata mandi itu, tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, menjaga penampilan agar tetap segar, menjauhkan diri agar tidak stress, juga dapat memelihara kesehatan tubuh. Mandi dengan menggunakan air hangat dan air dingin, ternyata dapat memberikan efek yang berbeda bagi tubuh. Mandi dengan air hangat dapat membuat otot tubuh terasa rileks, sementara mandi dengan air dingin dapat menjadikan tubuh terasa segar. Masih adakah khasiat lain dari mandi dengan air hangat selain menjadikan otot tubuh terasa rileks? Berikut beberapa khasiat lain dari mandi dengan air hangat bagi kesehatan kita :

  1. Bagi anda yang merasakan otot terasa pegal sehabis bekerja atau beraktivitas, cara mengurangi atau menghilangkan rasa pegal ini adalah dengan cara merendam kaki dengan air hangat bersuhu sekitar 37oC yang dicampur dengan sedikit garam. 
  2. Apabila anda menderita gejala flu dan sakit kepala, cara mencegahnya adalah dengan mencampurkan air hangat dengan tetesan minyak esensial seperti lavender, lemon atau peppermint kemudian rendamlah kaki anda selama 10-20 menit kedalam campuran tersebut. 
  3. Untuk mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh, mandilah dengan air hangat dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius  selama kurang lebih 10-20 menit yang akan membuka pori-pori sehingga toksin atau racun akan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. 
  4. Sebuah studi terbitan New England Journal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam bak air hangat, tingkat gula darahnya turun sekitar 13 %. 
  5. Bagi anda yang menderita penyakit kulit tertentu seperti eksim, ruam atau gatal-gatal dapat mandi berendam dengan air hangat yang dicampur dengan baking soda (Sodium Bicarbonate)selama 10-20 menit. Baking soda disini bertindak sebagai antiseptik. 
  6. Infeksi Yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok cuka dari sari buah apel kedalam bak mandi. Dianjurkan berendam selama 15 – 20 menit. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena cuka dapat menyeimbangkan kembali kadar keasaman tubuh. 

Mandi dengan air dingin, lebih dianjurkan pada pagi hari sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, sedangkan mandi dengan air hangat lebih tepat dilakukan pada sore atau malam hari menjelang istirahat. Ibu saya yang pernah menderita penyakit diabetes juga sudah menjalankan tips ini dengan selalu mandi menggunakan air hangat setiap sore hari dan sampai artikel ini saya tulis, beliau masih rutin menjalankannya walaupun penyakitnya sudah dinyatakan sembuh.

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)