Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Tahukah Anda, Mengapa 1 Jam = 60 Menit ???


Pernahkah terlintas dalam benak anda mengapa dalam hitungan waktu selalu menggunakan angka 60?.Bukankah kita sering melihat dan menggunakan jam sebagai penunjuk waktu? tapi bagaimanakah awalnya sehingga ditetapkan bahwa 1 jam = 60 menit, 1 menit = 60 detik, mengapa harus angka 60???. Ternyata angka 60 telah digunakan pertama kali oleh bangsa Sumeria dan menjadikan bilangan 60 sebagai basis perhitungan yang dikenal dengan istilah Sexagesimal.

Alasan mengapa bilangan 60 kerap digunakan karena angka 60 merupakan bilangan terkecil yang bisa dibagi oleh 6 angka yaitu bilangan 1,2,3,4,5,dan 6. Oleh karena itu, kita akan mudah menghitung dan membayangkan waktu 1/2 jam = 30 menit, 1/3 jam = 20 menit, 1/4 jam = 15 menit, dst.Coba anda bayangkan bagaimana jika 1 jam = 100 menit?? berarti 1/3 jam = 33,333 menit...??? lalu bagaimanakah bunyi jam alarm anda ketika itu?? 
Dalam teori matematik, bilangan 60 merupakan highly composite number, atau bilangan yang angka pembaginya atau faktor-faktornya banyak,yaitu 1,2,3,4,5,6,10,12,15,20,30,dan 60. 

Detik atau sekon dimana pada awalnya istilah second dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan "second minute" yang berarti bagian kecil dari 1 jam. Bagian yang pertama dikenal dengan sebutan "prime minute" yang sama dengan menit yang kita kenal sekarang. Detik atau second adalah satuan waktu dalam SI yang di definisikan sebagai durasi selama 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin. Di dalam penggunaan yang paling umum, satu detik adalah 1/60 dari 1 menit dan 1/3600 dari 1 jam. Besarnya pembagian ini terpaku pada 1/60 yaitu ada 60 menit dalam 1 jam dan ada 60 detik dalam 1 menit. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh pengaruh orang-arang Babylonia yang menggunakan hitungan berdasarkan sistem sexagesimal.

Istilah jam sendiri sudah ditemukan oleh orang-orang Mesir dalam putaran bumi sebagai 1/24 dari mean hari matahari. Hal ini membuat detik sebagai 1/86.400 dari mean hari matahari.

Pada tahun 1956, International Committee for Weights and Measures (CIPM), dibawah mandat yang diberikan oleh General Conference on Weights and Measures (CGPM) ke sepuluh di tahun 1954, menjabarkan detik dalam periode putaran bumi disekeliling matahari di saat epoch, karena pada saat itu telah disadari bahwa putaran bumi di sumbunya tidak cukup seragam untuk digunakan sebagai standar waktu.Gerakan bumi itu digambarkan di Newcomb's Tables of the Sun (Daftar matahari Newcomb), yang mana memberikan rumusan untuk gerakan matahari pada epoch di tahun 1900 berdasarkan observasi astronomi dibuat selama abad ke-18 dan 19. Dengan demikian detik didefinisikan sebagai 1/31.556.925,9747 bagian dari tahun matahari di tanggal 0 Januari 1900 jam 12 waktu ephemeris. 

Definisi ini diratifikasi oleh General Conference on Weights and Measures ke sebelas di tahun 1960. Referensi ke tahun 1900 bukan berarti ini adalah epoch dari mean hari matahari yang berisikan 86.400 detik. Melainkan ini adalah epoch dari tahun tropis yang berisi 31.556.925,9747 detik dari Waktu Ephemeris.Waktu Ephemeris (Ephemeris Time - ET) telah didefinisikan sebagai ukuran waktu yang memberikan posisi obyek angkasa yang terlihat sesuai dengan teori gerakan dinamis Newton.Dengan dibuatnya jam atom, maka ditentukanlah penggunaan jam atom sebagai dasar pendefinisian dari detik, bukan lagi dengan putaran bumi.


Dari hasil kerja beberapa tahun, dua astronomer di United States Naval Observatory (USNO) dan dua astronomer di National Physical Laboratory (Teddington, England) menentukan hubungan dari hyperfine transition frequency atom caesium dan detik ephemeris.

Dengan menggunakan metode pengukuran common-view berdasarkan sinyal yang diterima dari stasiun radio WWV, mereka menentukan bahwa gerakan orbital bulan disekeliling bumi, yang dari mana gerakan jelas matahari bisa diterka, di dalam satuan waktu jam atom.Sebagai hasilnya, di tahun 1967, General Conference on Weights and Measures mendefinisikan detik dari waktu atom dalam International System of Units (SI) sebagai durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133.Ground state didefinisikan di ketidak-adaan (nol) medan magnet.Detik yang didefinisikan tersebut adalah sama dengan detik ephemeris.Definisi detik yang selanjutnya adalah disempurnakan di pertemuan BIPM.


Definisi ini mengacu pada atom caesium yang diam pada temperatur 0 K. Dalam prakteknya, hal ini berarti bahwa realisasi detik dengan ketepatan tinggi harus mengkompensasi efek dari radiasi sekelilingnya untuk mencoba mengextrapolasikan ke harga detik seperti yang disebutkan di atas.

Setiap orang wajib mengetahui tentang waktu, oleh karena itu mari kita pelajari konversi atau perubahan waktu berikut ini :

1 Detik      =  Seper 60 Menit (1/60 Detik)

1 Menit      =  60 Detik

1 Jam        =  60 Menit

1 Hari       =  24 Jam

1 Hari       =  1.440 Menit

1 Hari       =  86.400 Detik

1 Minggu     =  7 Hari

1 Bulan      =  28 Sampai 31 Hari

1 Bulan      =  4 Minggu

1 Caturwulan =  4 Bulan

1 Semester   =  6 Bulan

1 Tahun      =  365 Sama Dengan Hingga 366 Hari

1 Tahun      =  12 Bulan

1 Dasawarsa  =  10 Tahun

1 Abad       =  100 Tahun


Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)