Hikmah Diciptakannya Musibah dan Kepedihan

Gambar
Pinterest 🍫 (1). Melahirkan 'ubudiyyah (ibadah) pada saat kesulitan, yaitu berupa kesabaran. Allah berfirman: وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ ".....Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiyaa': 35) Terhadap ujian (dari Allah) yang berupa kegembiraan dan kebaikan, maka harus disikapi dengan syukur, sedangkan terhadap ujian berupa kesusahan dan keburukan, haruslah disikapi kesabaran. Semua ini tidak terjadi, kecuali bila Allah membalikkan keadaan atas para hamba, sehingga terlihatlah kejujuran pengabdian kepada Allah Ta'ala. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ “Sunggu

Tips Mengatasi Penyebab Masalah pada Rambut dan Kulit Kepala

Tips berikut merupakan beberapa cara agar dapat mengatasi setiap masalah yang berhubungan dengan penyakit kulit kepala dan rambut baik yang termasuk kelompok menular maupun tidak menular,untuk itulah pertama kita harus memahami penyebab penyakit tersebut. Seperti yang telah saya uraikan pada posting sebelumnya bahwa suatu penyakit untuk pindah (menular) lalu berkembang sangatlah mudah sedangkan untuk pengobatan tentu akan merepotkan. Oleh karena itu pokok utama yang harus diperhatikan sebagai tindakan pencegahannya adalah cobalah mengikuti tips-tips sebagai berikut :
  • Rambut dan kulit kepala haruslah selalu dalam keadaan bersih dengan  mencucinya secara teratur.
  • Jangan menggunakan air yang kotor juga berlumut ketika mencuci rambut karena akan menjadikan rambut semakin kotor dan mudah terinfeksi jamur maupun bakteri.
  • Semua peralatan kecantikan yang digunakan harus bersih dan steril. Setidaknya satu kali dalam dua hari harus dicuci bersih dan bila perlu menggunakan air panas untuk beberapa alat tertentu seperti sisir, jepitan kawat dll.
  • Usahakan alat-alat untuk perawatan rambut tidak dipakai oleh orang lain atau sembarang orang karena akan sangat mudah menularnya penyakit-penyakit rambut.
  • Bila terlihat tanda-tanda seperti jamur dikulit kepala, secepatnya diobati dengan obat anti jamur. Atau bila sudah terlihat kelainan-kelainan pada rambut seperti putih-putih atau patah-patah lalu menyerupai serabut, lakukanlah perawatan berkala secara teratur dan pilihlah bahan kosmetika untuk perawatan yang sesuai seperti krim atau minyak.
  • Bagi orang yang menyenangi binatang piaraan seharusnyalah memelihara binatang tersebut dengan benar, misalkan mengatur makanan baik tempat makanannya maupun yang akan dimakan, tempat kotorannya agar tidak diletakkan disembarang tempat, pengaturan mandinya dan tentu saja kandangnya. Semua itu bertujuan agar dapat mencegah penyakit yang ditularkan melalui kutu atau kotorannya. Biasanya kutu-kutu binatang akan pindah tempat ke kulit kepala manusia lalu bersarang dan terjadi peradangan dan akhirnya berkembangbiak di kepala.
  • Untuk mereka yang gemar berenang, bila berenang dikolam renang umum hendaklah berhati-hati dan selalu mamakai tutup kepala. Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan penyakit piodra yang mengganggu kesuburan rambut.
  • Bagi penderita kulit kepala yang termasuk kelompok trichophyton baik disebabkan oleh jamur maupun oleh eksim, sebaiknya cepat berobat dan menghindari makanan yang berlemak, menghindari pikiran-pikiran stress dan menghindari banyaknya keringat keluar.
  • Memperhatikan gizi yang seimbang dan mengurangi makanan yang pedas dan berlemak juga makanan yang beralkohol.
  • Hindari pemakaian produk kosmetik yang salah.
  • Lakukan gaya hidup sehat.
  • Hindari menggaruk kepala agar tidak menimbulkan infeksi sekunder.
  • Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Komentar

Popular Posts

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadai Auladina (ABY untuk Anak-Anak)

Download Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik (Cetakan Baru)

Mengenal Jenis-Jenis Sayuran

Download Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak (Arabic Talking Books Full Set) Plus Audio and Video

Sejarah Perkembangan Membran Sel

Download Buku Bacaan Berbahasa Arab Untuk Anak-Anak 1

Download Buku Durusul Lughah Versi Bahasa Inggris Complete (Jilid 1-8)